YAYASAN

I. Pendahuluan
Yayasan Pendidikan Dian Emas didirikan pada tanggal 18 April 1996 dengan akta notaris bernomor 29 (dua puluh sembilan). Yayasan Pendidikan Dian Emas berdasarkan pada iman Kristen dan bergerak dibidang pendidikan sebagai realisasi dari motto Yayasan Pendidikan Dian Emas yaitu “Awal Hikmat, Takut Akan Tuhan”. Tujuan dan Maksud pendirian Yayasan ini akan dijabarkan pada poin-poin berikutnya.

II. Tujuan dan Maksud
Maksud dan tujuan didirikannya Yayasan ini adalah sebagai berikut:
1. Membantu program pemerintah khususnya dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia yang seutuhnya.
2. Membantu program pemerintah khususnya dalam pembangunan mental dan spiritual umat Kristen di Indonesia.
3. Ikut serta berpartisipasi dalam mewujudkan keadilan dan kesejahteraan sosial.
Dalam rangka mencapai tujuan dan maksud tersebut, maka Yayasan menjalankan kegiatan-kegiatan sebagai berikut yaitu mendirikan sekolah-sekolah sebagai wadah pendidikan umum mulai dari tingkat Kelompok Bermain, Taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Umum sampai dengan Perguruan Tinggi serta Akademi dan Sekolah Kejuruan, Keterampilan, kursus-kursus, Sekolah Alkitab, Sekolah Pelayanan, dan sebagainya. Selain melalui sekolah-sekolah dan wadah pendidikan umum, Yayasan juga mendirikan perpustakaan dan toko-toko buku Kristen serta pendirian dan penyelenggaraan rumah jompo dan panti asuhan.

III. Visi dan Misi
Visi dari Yayasan Pendidikan Dian Emas adalah “Dengan kasih Kristus, menjadi yang terbaik dalam pendidikan dan pembinaan” dan misi dari Yayasan Pendidikan Dian Emas adalah “Melaksanakan Firman Tuhan dengan kasih Kristus untuk memberikan pendidikan yang terbaik dalam rangka membentuk anak-anak yang beriman kepada Kristus, yang juga menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi didalam menghadapi tantangan zaman, untuk dapat berguna bagi sesama umat manusia khususnya bagi keluarga, bangsa dan negara serta dapat memuliakan nama Tuhan”.

IV.Kegiatan-Kegiatan Yang Sudah Dilakukan
Dari semenjak berdirinya hingga sekarang, Yayasan Pendidikan Dian Emas sudah merealisasikan tujuan dan maksud pendiriannya secara bertahap yaitu dengan mendirikan Kelompok Bermain Kristen Dian Emas, Taman Kanak-Kanak Kristen Dian Emas dan Sekolah Dasar Kristen Dian Emas yang baru dirintis pada tahun ajaran 1999-2000.
1. KB
Sebelum didirikan TKK, maka Yayasan Pendidikan Dian Emas terlebih dahulu mendirikan KB pada tahun 1996. KB menerapkan kebijaksanaan untuk menerima pendaftaran murid KB tidak pada waktu yang khusus sehingga dapat dilakukan setiap saat. Angkatan I (1996-1997) KB Dian Emas berjumlah 23 orang dengan jumlah laki-laki sebanyak 9 orang dan jumlah perempuan sebanyak 14 orang. Angkatan II (1997-1998)KB Dian Emas berjumlah 32 orang dengan jumlah laki-laki 15 orang dan jumlah perempuan 17 orang. Angkatan III (1998-1999) KB Dian Emas berjumlah 53 orang dengan jumlah laki-laki 20 orang dan jumlah perempuan 33 orang. Angkatan IV (1999-2000) KB Dian Emas sampai tanggal 25 Agustus 1999 berjumlah 29 orang dengan jumlah laki-laki 18 orang dan jumlah perempuan 11 orang. Dengan keadaan seperti ini, kami mengambil kesimpulan bahwa KB berjalan cukup baik dan memperkirakan jumlah murid akan cenderung bertambah.

2. TK A
TK A merupakan kelanjutan dari program Kelompok Bermain. TK A Dian Emas baru berjalan pada tahun ajaran 1997 dengan jumlah murid Angkatan I (1997-1998) sebanyak 21 orang dengan jumlah laki-laki 12 orang dan perempuan 9 orang . Jumlah murid Angkatan II (1998-1999) adalah 22 orang dengan jumlah laki-laki 9 orang dan jumlah perempuan 13 orang. Jumlah murid Angkatan III (1999-2000) berjumlah 31 orang dengan jumlah laki-laki 11 orang dan jumlah perempuan 20 orang.
3. TK B
TK B Dian Emas baru berjalan pada tahun ajaran 1998-1999 yang merupakan kelanjutan dari program TK A. Jumlah Angkatan I TK B adalah 16 orang dengan jumlah laki-laki 7 orang dan jumlah perempuan 9 orang.
4. SD
Pada tahun ajaran 1999-2000 ini Yayasan Pendidikan Dian Emas merintis pendirian Sekolah Dasar Kristen dengan nama SDK Dian Emas. Jumlah murid perdana SDK Dian Emas berjumlah 6 orang dengan jumlah laki-laki 2 orang dan jumlah perempuan 4 orang.
5. Promosi
Dari semenjak berdirinya Yayasan Pendidikan Dian Emas beserta dengan sekolah-sekolah yang bernaung dibawahnya, Yayasan sudah melakukan promosi untuk memperkenalkan Yayasan dan sekolah-sekolah Dian Emas kepada masyarakat dengan cara promosi langsung dan promosi tidak langsung baik internal (ditujukan untuk sidang jemaat setempat GBIS Kristus pembela dan orang tua murid yang sudah menyekolahkan anak-anaknya di Sekolah Kristen Dian Emas) dan eksternal. Bentuk promosi langsung yang dilakukan adalah dengan menggunakan brosur, pamflet dan spanduk serta iklan sedangkan bentuk promosi tidak langsung yang dilakukan adalah dengan mengikutkan Sekolah Kristen Dian Emas dalam perlombaan-perlombaan yang diadakan oleh pihak lain.

IV.Rencana Kerja Yayasan Pendidikan Dian Emas
1. Rencana Jangka Pendek (2 tahun)
Sesuai dengan visi dan misi Yayasan, maka Yayasan Pendidikan Dian Emas tetap akan berkecimpung di dalam bidang pendidikan dan merealisasikan visi dan misi ini secara bertahap. Rencana kerja Yayasan dalam 2 tahun yang akan datang yaitu:
• Meningkatkan kualitas sekolah-sekolah yang bernaung di bawah Yayasan Pendidikan Dian Emas baik dari segi sarana dan prasarana juga dari segi mental spiritual baik untuk KB, TK A, TK B dan juga SD.
• Meningkatkan kualitas guru-guru sekolah Kristen Dian Emas dengan cara mengadakan pembinaan baik dari Yayasan dan juga dengan mengikuti pembinaan-pembinaan yang diadakan oleh Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
• Dikarenakan jumlah murid yang cenderung meningkat maka Yayasan Pendidikan Dian Emas akan mempersiapkan perekrutan guru-guru baru yang berkualitas untuk membantu dalam mendidik murid-murid. Selain berkualitas dalam segi intelektual, Yayasan Pendidikan Dian Emas merekrut calon-calon guru yang berkualitas juga di dalam kerohanian, yaitu orang-orang yang sadar sepenuhnya bahwa awal hikmat adalah takut kepada Tuhan. Yayasan tidak wajib merekrut guru-guru baru selama guru-guru yang ada masih efektif dalam melaksanakan kegiatan mendidik dan mengajar.
2. Rencana Jangka Panjang Yayasan Pendidikan Dian Emas (5 tahun)
Rencana jangka panjang merupakan kelanjutan dari rencana jangka pendek yang akan dilakukan oleh Yayasan Pendidikan Dian Emas. Secara garis besar, rencana jangka panjang Yayasan Pendidikan Dian Emas adalah sebagai berikut:
• Tetap berusaha untuk lebih meningkatkan mutu sekolah-sekolah Krsiten Dian Emas sesuai dengan visi Yayasan yaitu untuk menjadi yang terbaik dengan berdiri atas dasar Firman Tuhan.
• Mempersiapkan lahan yang baru untuk menampung murid-murid sekolah Kristen Dian Emas yang diperkirakan akan semakin bertambah.
• Persiapan pendirian SMPK Dian Emas baik tempat dan juga guru-guru untuk menampung lulusan perdana SDK Dian Emas yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

V. Penutup
Yayasan Pendidikan Dian Emas sadar sepenuhnya bahwa misi dan visi yang diemban tidaklah ringan karena hal tersebut harus dipertanggungjawabkan dihadapan masyarakat Indonesia dan terlebih harus dipertanggungjawabkan di hadapan Tuhan. Firman Tuhan di dalam Yakobus 4: 13- 17 mengatakan bahwa segala perencanaan yang dibuat harus diserahkan kepada Tuhan maka, Yayasan Pendidikan Dian Emas tetap meminta dukungan doa dan juga dukungan saran dari setiap pihak agar apa yang menjadi visi dan misi Yayasan Pendidikan Dian Emas dapat dilaksanakan hanya untuk kemuliaan nama Tuhan.

Komentar Anda